Hidup Sehat

Donor Darah – Manfaat dan Syarat

Donor darah adalah salah satu kegiatan rutin baru ku, dimulai dari sekitar akhir tahun 2013 pas kebetulan ada event donor darah yang lumayan gede en rutin diadakan oleh PMI en Senayan City, kalo gak salah sih agenda tiap 6 bulan sekali sekitar bulan April & Oktober di The Hall (lt 8), Mal Senayan City. Awalnya saya donor hanya di saat ada event ini saja, tapi setelah mendapat informasi dari sana sini, sebenernya donor darah bisa dilakukan tiap 3 bulan sekali dan ternyata di lantai LG Senayan City ada Unit PMI yang menerima donor darah setiap hari selama jam kerja (jam 11.00-17.00).

Di sini saya mau menginformasikan bbrp manfaat dari donor darah yang saya rasakan langsung dan bbrp informasi diperoleh dari internet (situs lain):
1. Melindungi Jantung – Pendonor yg aktif/rutin akan memiliki jantung yg lebih sehat dibanding yg tidak pernah mendonorkan darah. Ada situs yg menjelaskan bahwa jantung kita lebih sehat karena memompa darah yg baru, dibandingkan terus-terusan memompa darah kita yg lama.
2. Menurunkan Resiko terkena Kanker
3. Membantu menurunkan level zat besi dalam darah – Penurunan zat besi berarti mengurangi resiko terkena penyakit jantung atau kardiovaskular lainnya, selain itu zat besi juga diketahui mempercepat proses oksidasi kolesterol dalam tubuh.
4. Pembaruan sel-sel darah
5. Mendapatkan analisa darah secara gratis – apabila kita mendonorkan darah, maka ada sebagian kecil darah kita yang diambil sbg sampel yg akan diuji di lab. Hal ini dilakukan untuk mendeteksi apakah kita terkena penyakit menular yg berbahaya seperti HIV, Hepatitis, atau sifilis.
6. Membakar kalori – donor darah 500ml berarti Anda membakar sekitar 650 kalori
7. Mencegah penuaan dini – donor darah secara teratur akan membantu kulit beregenerasi secara sempurna
8. Secara tidak langsung dapat membantu menurunkan berat badan

Biarpun begitu banyak dan menjanjikan dari manfaat dari donor darah tersebut, perlu diketahui tidak boleh sembarang kita mendonorkan darah, ada bbrp syarat yang harus dipenuhi setiap kita ingin mendonorkan darah, antara lain:
1. Umur 17-60 thn
2. Berat minimal 45kg – bisa ditimbang dulu sblm donor, ada timbangan koq mereka 🙂
3. Suhu badan normal 36.6-37.5C
4. Tekanan darah sistole 110-160 mmHg, diastole 70-100 mmHg – biasanya diperiksa dulu sebelum donor di Unit Donor Darah PMI
5. Denyut nadi teratur: 50 – 100 bpm
6. Hemoglobin / Hb minimal 12,5 gram
7. Jarak dari terakhir kali mendonorkan darah adalah 3 bulan
8. Tidak terkena Hepatitis B atau C, dalam waktu 6 bulan tidak kontak dengan penderita Hepatitis B
9. Jarak dari menerima transfusi darah, operasi kecil atau melakukan tindik telinga minimal 6 bulan
10. Tidak melakukan operasi gigi dalam waktu 3-4 hari terakhir
11. Jarak dari operasi besar, imunisasi rabies, atau transplantasi kulit adalah minimal 12 bulan
12. Tidak dalam keadaan hamil, atau baru saja melahirkan dalam waktu 6 bulan terakhir.
13. Tidak sedang menyusui
14. Tidak mengkonsumsi obat atau sejenis Tolak Angin seminggu terakhir (7 hari terakhir)
15. Tidak mengkonsumsi alkohol atau narkoba
16. Tidak mengidap penyakit TBC, Epilepsi, HIV/AIDS
17. Tidak memiliki kelainan darah seperti kekurangan G6PD, thalasemia, dan polibetemiavera
18. Tidak memiliki kelainan jantung atau paru-paru
19. Tidak menderita kanker
20. Tidak menderita tekanan darah tinggi / hipertensi

Saya sendiri merasa badan saya lebih bugar dengan rutin mendonorkan darah, bisa dibilang saya kecanduan utk donor darah, kadang pengen mendonorkan darah lagi padahal masih belum waktunya. Informasi yg saya dengar adalah jumlah stok darah di PMI selalu kekurangan, tidak mampu memenuhi kebutuhan darah yang ada, terutama di bulan Ramadhan. Saya dapat membayangkan bagaimana panik dan kelimpungan jikalau harus mencari orang yang mau mendonorkan darah untuk diri kita atau sodara atau teman kita yang sedang terkena musibah, oleh karena itu tanpa diminta pun saya akan bersedia mendonorkan darah secara rutin supaya setidaknya bisa membantu mengurangi kesulitan dari mereka yang membutuhkannya.

Pesan dari saya untuk rekan-rekan yang belum pernah mendonorkan darah:
Marilah kita berdonor, donor itu gratis dan tidak merugikan kita, justru malah memberi manfaat untuk diri sendiri, apalagi kalo melihat manfaatnya untuk orang lain. Semoga di saat kita sedang membutuhkan darah pun, ada orang yg mau mendonorkan untuk kita.

Masih ragu mau mendonorkan darah?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *