LG G2 Mini
LG G2 Mini
Moto G
Moto G

G2 Mini: http://www.gsmarena.com/lg_g2_mini-6077.php

Moto G: http://www.gsmarena.com/motorola_moto_g-5831.php

1. Spek Proc, RAM, Internal Storage sama: Snapdragon 400 Quadcore 1.2 Ghz RAM 1GB int storage 8GB.

2. Kamera secara spek sih menang LG G2 mini 8mpix vs Moto G 5mpix…
Hasil jepretan kamera nya hampir sama, tp sedikit lebih bagus LG G2 mini kl objek ga bergerak ato kamera ga goyang. Aplikasi kamera G2 mini agak lemot, beda sama Moto G yg responsif dan hasilnya msh bagus.
Kamera depan sama2 1.3Mpix tp menurut sy lebih tajam dan enteng (di aplikasi Camera) di Moto G.
Secara umum, sy lebih pilih foto pake moto G.

3. Secara dimensi fisik hampir sama, biarpun layar Moto G 4.5″ dan G2 mini 4.7″
Utk penampilan… G2 mini lebih terlihat mahal, sedangkan Moto G hampir mirip hape AndroMAX
Tapi untuk digenggam, sy lebih suka Moto G, karena battery cover yg terbuat dari bahan yg tidak licin, berbeda dg G2 mini yg licin shg sering terlepas dr tangan.
Berat pun gak terlalu jauh berbeda, ketebalan pun hampir sama.
G2 Mini: 129.6 x 66 x 9.8 mm – 121g
Moto G: 129.9 x 65.9 x 11.6 mm – 143g

4. Battery Moto G 2070 mAh vs G2 mini 2440 mAh, tp dgn firmware bawaan tanpa diutak-atik, Moto G lebih awet dibanding G2 mini.
Tapi kl G2 mini sudah diroot dan dituning, sy berhasil membuat G2 mini bertahan sekitar 20 jam dgn pemakaian normal sehari2. Sedangkan utk pemakaian yg agak jarang, bisa lebih dr 24 jam.
Utk Moto G belum sempat dituning banyak, krn tanpa tuning pun battery msh cukup memuaskan.
Charging time Moto G lebih cepat dibanding G2 mini, bisa dilihat dr grafik Battery Usage di Settings.

5. LG G2 Mini bisa dipake sebagai Remote IR utk TV dan DVD Player, biarpun terbatas untuk merk2 terkenal saja dan harus dalam jarak dekat untuk pengoperasiannya, sekitar < 0.5m. Sedangkan di Moto G, gak ada fitur ini.

6. GPS Sensor LG G2 Mini kurang sensitif, susah (lama) untuk Locking dan kalaupun sudah Locking, gampang banget terlepasnya. Berbeda dengan Moto G yang sangat cepat Lockingnya.
Soal GPS ini, sudah dibenchmark dgn Samsung Grand 2 Duos, Lenovo K900, dan Lenovo S820, Samsung Ace 3… LG G2 mini paling lama di antara semua, dan Moto G yang paling cepat di antara semua.

7. Letak Tombol Volume + Power pada G2 mini adalah di bagian belakang henpon, sedangkan Moto G berada di samping kanan, secara pemakaian sehari2 tombol di belakang ini sering tertekan secara tidak sengaja di saat berada di dalam kantong celana atau sedang mengetik (untuk menahan). Untuk hal ini saya lebih suka Moto G.

8. Moto G lebih bisa dioprek dibandingkan G2 Mini, dikarenakan secara resmi Motorola memberikan kode untuk mengunlock Bootloadernya, yang memungkinkan utk diinstall Custom Firmware, termasuk nge-root.
Sedangkan G2 Mini, setidaknya yang seri D618 (versi Indonesia), hingga saat ini belum Bootloadernya belum bisa diunlock baik secara resmi ataupun tidak.
Sejauh ini saya hanya mampu nge-root LG G2 mini, dan melakukan modifikasi yang tidak terlalu berarti thd firmware bawaan, seperti membuang aplikasi/services yang tidak terpakai. Dan belum ada custom ROM yg tersedia, dikarenakan masalah bootloader tadi.

Moto G pun biarpun banyak custom ROM nya, perlu diperhatikan bahwa ada banyak varian dari Moto G itu sendiri, antara lain XT1032, XT1033, dan XT1034. Yang saya tau kalau XT1032 itu single SIM, dan XT1033 itu Dual SIM, dan XT1034 itu adalah Moto G edisi Sept 2014. CMIIW.

9. Dan yang paling terpenting adalah harga Moto G 8GB di bawah 2jt, sedangkan LG G2 mini di atas 3jt (Harga garansi resmi).

10. Hasil Benchmark dengan menggunakan Antutu Benchmark, kedua handphone ini mendapatkan Score yang tidak terlalu jauh berbeda, bisa dikatakan SERI.
Tetapi secara pemakaian sehari-hari, saya lebih menyukai menggunakan Moto G karena terasa lebih responsif dan stabil keresponsifannya. Berbeda dengan G2 mini yang pada awalnya memang terasa lebih responsif dibandingkan Moto G, tetapi setelah diinstall aplikasi dan digunakan agak lama, semakin menurun reponsifnya.

11. Tampilan Android dari Moto G sangatlah standard Android Kitkat, tidak banyak yg di-customize, bisa dibilang tidak ada selain aplikasi tambahan dari Motorola. Sedangkan G2 mini membuat modifikasi, seperti pada Lockscreen, Launcher, Status Bar, Dialer, SMS, dll. Untuk tampilan ini, tergantung selera ya…

12. Knock Code, ini adalah fitur yang diunggulkan dari LG, kode unlock dengan menggunakan ketukan pada layar. Secara konsep sih sangat menarik, pd awal2nya saya juga menyukai fitur ini. Tapi setelah lama menggunakannya, saya memilih fitur Knock Code atau Knock u/ membangunkan/menidurkan si G2 ini untuk dimatikan saja, karena sering sekali secara tidak sengaja teraktifasi saat dikantongi di saku celana maupun saku baju.

13. LG G2 Mini tidak memiliki sensor cahaya, sehingga tidak memiliki fitur Auto Brightness, yang menurut saya ini kekurangan yg sangat berasa sekali, apalagi untuk handphone seharga 3jt an.

Moto G vs G2 Mini
Moto G vs G2 Mini

Kesimpulan akhirnya…

Berdasarkan kebutuhan dan pemakaian saya sehari-hari terhadap handphone, saya lebih menyukai Moto G.
Secara umum, spesifikasi Hardware dan fitur relatif sama, biarpun LG G2 mini lebih unggul di beberapa hal. Namun mempertimbangkan aspek performa harian dan harga yang cukup berbeda jauh, Moto G memang lebih baik dibanding LG G2 Mini.

Mungkin secara global pun, utk handphone dengan spek hardware yang hampir sama, Moto G termasuk yang paling unggul.
Tetapi Moto G punya saingan yang lebih unggul, yaitu Xiaomi Redmi 1S. Dengan harga yang hampir sama, dan spek yang relatif sama juga. Berdasarkan review dari beberapa rekan, pemenangnya Xiaomi Redmi 1s.

Review ini dibuat bukan untuk menjelek-jelekkan produk LG atau karena ada sponsor, tetapi tulisan ini adalah review/opini pribadi saya thd kedua handphone yg saya gunakan.

Mahal tidak jaminan lebih memuaskan 🙂

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *