Lari

Aplikasi Pendukung Kegiatan Lari

Salah satu motivasi orang semakin rajin lari saat ini antara lain adalah “kompetisi”, berkompetisi thd diri sendiri atau orang lain. Koq bisa?
1. Karena kita bisa membandingkan kemampuan lari kita skrg dan sebelumnya, baik dalam jarak tempuh (distance) maupun kecepatan berlari (pace).
2. Dengan melihat orang lain berlari, terkadang kita gak mau kalah ingin ikut berlari.
Kalau dia abis lari 5K, paling gak pengen ikutan 5K juga kalo bisa lebih.
Kalau dia lari 5K cmn 30 menit, wah mau juga donk bisa 30 menit.

Nah, hal-hal seperti ini adalah hal positif dalam lari, karena dapat memotivasi diri agar lebih giat berlari, dan ada keinginan untuk memperbaiki cara lari agar lebih baik.

Alangkah baiknya hal tersebut didukung oleh alat ukur yang cukup akurat dan praktis, yaitu aplikasi lari pada smartphone (iOS, Android, WindowsPhone).

Berikut adalah bbrp aplikasi lari pada smartphone yang cukup baik dan banyak digunakan:
1. Nike+ Running
nike

nike screenshot

2. Endomondo

endomondo

endo screenshot

3. Runtastic

runtastic runtastic screenshot

4. RunKeeper

runkeeper

5. Strava

strava strava screenshot

6. Adidas miCoach

adidas adidas screenshot

 

Tentu saja, akurasi dari aplikasi-aplikasi tersebut sangat tergantung dari GPS dari smartphone Anda.

Usahakan hanya menjalankan 1 aplikasi lari saja pada saat yang bersamaan, untuk menghindari “crash” di saat tengah2 lari dan akurasi data yang lebih baik.

Masing-masing dari aplikasi di atas memiliki plus dan minus tersendiri, namun rekomendasi saya adalah:

1. Nike+ Running, karena di aplikasi inilah komunitas pelari Indonesia paling banyak ditemukan. Dan challenge nya biasanya ramai diikuti. Di Nike, ada fitur Personal Best, di mana dicatat rekor terbaik kita untuk bbrp kategori, seperti: catatan waktu terbaik untuk kategori 1km, 1mile, 5k, 5miles, 10k, Half Marathon, dst.

2. Endomondo, aplikasi ini menurut saya paling akurat dibandingkan yang lain, dan memiliki informasi/data yang cukup lengkap juga. Komunitas pun tak kalah banyak dibanding Nike. Challengenya pun ada.

3. RunKeeper, aplikasi ini agak mirip Endomondo dan Runtastic secara tampilan dan data, namun lebih menonjolkan fitur social nya, misalkan notifikasi apabila teman kita sedang berlari atau telah menyelesaikan lari. Aplikasi ini juga memiliki fitur Personal Best seperti Nike. Hanya saja, belom terlalu banyak orang menggunakan aplikasi ini.

4. Strava, aplikasi ini sedang naik daun. Saya tidak bisa membuat reviewnya, karena sudah lama tidak menggunakan aplikasi ini.

5. Runtastic, terlalu komersial. Free version nya terlalu dibatasi fiturnya.

6. Adidas MiCoach, termasuk aplikasi lari yang cukup bagus, terutama untuk Windows Phone.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *