Hidup Sehat

Beberapa Informasi Mengenai Tekanan Darah

Saya mau coba berbagi informasi mengenai Tekanan Darah, karena pd umumnya orang jarang melakukan pemeriksaan ini dikarenakan keterbatasan alat, berbeda dengan Heart Rate / denyut jantung yang bisa diukur dengan menggunakan smartphone.
Berikut beberapa rangkuman yang saya ambil dari beberapa sumber:

  1. Tidak ada korelasi yang signifikan antara denyut jantung (pulse atau heart rate) dengan tekanan darah (blood pressure).
    Pengukuran denyut jantung (HR dgn satuan bpm) tidak mengindikasikan atau mewakili seseorang itu memiliki tekanan darah tinggi atau rendah.
    Seseorang yang memiliki denyut jantung rendah, bisa saja memiliki tekanan darah tinggi.
  2. Tekanan darah tinggi adalah resiko terbesar serangan jantung, stroke, kerusakan hati, dan gagal ginjal.
    Semakin lama dibiarkan kondisi darah tinggi ini, akan semakin serius akibatnya dan semakin sulit untuk diobatinya.
  3. Denyut jantung (HR bpm) yang meningkat (semakin lama semakin tinggi) tidak berarti tekanan darah juga sedang meningkat atau sedang tinggi.
  4. Tekanan darah akan meningkat di setiap saat jantung berdenyut, dan menurun di antaranya. Tekanan darah dapat berubah dalam hitungan menit, tergantung dari postur tubuh, kegiatan/aktivitas yang sedang dilakukan, kondisi pikiran (stress), atau dalam keadaan tertidur.
  5. Tekanan darah normal adalah di bawah 120/80 mmHg, sistolik nya di bawah 120, dan diastoliknya di bawah 80.
  6. Pengukuran tekanan darah tidak bisa dengan mengandalkan dari 1 kali pengukuran saja, harus dilakukan beberapa kali untuk mendapatkan hasil yang baik. Jadi kalau baru 1x diukur dan angka nya tinggi, jangan panik dulu. Tunggu beberapa saat, tenangkan diri dulu, lalu coba diukur kembali.
    Namun apabila setelah pengukuran dilakukan beberapa kali dan berada di atas (atau sekitar) 140/90 mmHg, Anda patut waspada dan sebaiknya segera berkonsultasi ke dokter, karena sepertinya Anda memiliki tekanan darah tinggi.
  7. Mana yang lebih diperhatikan angka sistolik atau diastolik nya? Pada umumnya sih, perhatian paling utama adalah pada sistoliknya, karena dianggap bisa dijadikan indikator dari penyakit jantung. Dan pada umumnya angka sistolik ini cenderung lebih stabil dalam pengukurannya.
  8. photo33562421095413528
  9. Dari tabel di atas bisa dilihat Anda berada di tingkatan mana. Tahap Prehypertension perlu mulai memperhatikan gaya hidup, pola makan, dan aktivitas olahraganya.
  10. Apakah seorang Atlit / seseorang yang rutin berolahraga terbebas dari tekanan darah tinggi? TIDAK! Olahraga rutin tidak menjamin seseorang bebas dari tekanan darah tinggi. Berbeda dengan Heart Rate / denyut jantung, semakin rajin seseorang berlatih seperti lari, renang, bersepeda biasanya memiliki denyut jantung yang lebih rendah dibanding orang yang jarang berolahraga.
    Namun olahraga dapat membantu menurunkan tekanan darah.
  11. Beberapa makanan yang dapat menurunkan tekanan darah:
    * Yoghurt bebas lemak
    * Buah Kiwi
    * Kale
    * Pisang
    * Buah Peach
    * Alpukat
    * Brokoli
    * Kentang
  12. large
  13. Saran yang paling sering dianjurkan apabila memiliki tekanan darah tinggi adalah:
    * Berhenti merokok
    * Kurangi Kopi
    * Berhenti minum minuman beralkohol
    * Mulailah berolahraga
    * Memulai pola makan yang sehat
  14. Hindari makanan berikut bagi penderita tekanan darah tinggi:
    * Garam
    * Daging Merah
    * Makanan Instant
    * Snack yang Gurih
    * Makanan yang diawetkan (kalengan)
    * Acar
    * Saos
    * Makanan dan Minuman yang Manis
    * Kulit Ayam
    * Kopi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *